Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun mengaplikasikan konsep dan metodologi asesmen dengan standar international secara praktis sesuai dengan nilai-nilai, budaya d an karakter organisasi di Indonesia, “Ab Consultant” merupakan konsultan human capital & organization yang disegani di Indonesia, khususnya dalam bidang asesmen. Sebagai sebuah konsultan lokal, “Ab Consultant” menggunakan pendekatan lokal (disesuaikan dengan situasi dan kondisi organisasi di Indonesia), tapi mengaplikasikan pengetahuan, sistem dan praktek dengan standar pelayanan dan kualitas international. Produk dan layanan yang diberikan oleh “Ab Consultant” terdiri dari 3 aspek yang saling terintegrasi, tergambar dalam skema dibawah ini dan akan kami jelaskan secara rinci dalam uraian berikutnya.

 


IDENTIFYING human capital through assessment

Assessment services yang disediakann “Ab Consultant” dapat dibagi menjadi dua yaitu: Development Assessment dan Recruitment Assessment, yang didasari oleh metode Assessment Centre dan juga metode pengukuran tes lain pada umumnya.

Development Assessment

Berbasis pada metode pengukuran perilaku Assessment Center, kami memberikan jasa layanan proses asesmen untuk kebutuhan evaluasi kompetensi atau potensi karyawan dalam rangka:

  • Identifikasi kader/potensi karyawan
  • Identifikasi kebutuhan pengembangan karyawan promosi jabatan

Layanan asesmen tersebut mencakup tingkatan karyawan dari director, general manager, manager, supervisor, serta officer/staff. Sebagai tambahan kami juga melakukan asesmen pada tingkatan karyawan general worker.
Metode Assesment Center adalah metode pengukuran potensi/kompetensi karyawan yang memiliki karakteristik:

  • Multi competency: menggunakan beberapa parameter perilaku / model kompetensi
  • Multi Tools: menggunakan beberapa metode atau alat ukur asesmen
  • Multi assessor: diukur oleh beberapa tim asesor
  • Multi process: data asesmen awalnya dibuat secara individu, kemudian diintegrasikan secara kualitatif dan kuantatif secara seksama untuk mendapatkan hasil yang seobyektif mungkin dan terakhir untuk memiliki validitas danreliabilitas yang tinggi dilakukan proses quality control.

Jasa layanan ini kami lakukan secara customized, sehingga model kompetensi & metode/alat ukur asesmen harus di susun berdasar situasi dan kondisi klien, serta assessor yang dilatih kembali dengan menggunakan parameter kompetensi dan alat ukur tersebut. Jenis alat ukur yang dapat digunakan adalah tidak terbatas, mulai dari ability test, work preference  inventory, in-tray simulation, business games, group simulation, presentation simulation, role play simulation ataupun 360° assessment.

Hasil asesmen adalah antara lain dalam bentuk:

1. Laporan tertulis, berisi:

a. Profile asese / peserta berdasarkan kompetensi
b. Deskripsi / dinamika kompetensi
c. Kelebihan dan kekurangan peserta secara spesifik
d. Rekomendasi dan saran pengembangan

2. Laporan ringkas untuk eksekutif / executive summary, berisi:

a. Temuan-temuan umum dan khusus secara menyeluruh peserta
b. Saran dan rekomendasi secara organisasi
c. Peta karyawan (people/talent mapping, human aset value)

3. Presentasi ke manajemen, baik secara umum / executive summary, atau per profil peserta.

4. Umpan balik / feedback kepada peserta.


Recruitment Assessment

Layanan rekrutmen ini mencakup tingkatan karyawan dari director, general manager, manager, supervisor, serta officer/staff sampai dengan asesmen pada tingkatan karyawan general worker. Untuk tingkatan supervisor ke atas, layanan ini masih berbasis pada metode pengukuran Assessment Center, namun tidak sekompleks layanan yang kami uraikan di atas yang ditujukan untuk development assessment. Tujuan utama layanan ini adalah memberikan rekomendasi mengenai memenuhi tidaknya kompetensi seorang kandidat terhadap kompetensi yang dituntut dalam job target.

Hasil asesmen adalah antara lain dalam bentuk:

1. Laporan tertulis, berisi:

a. Profile asese / peserta berdasarkan kompetensi.
b. Deskripsi / dinamika kompetensi (tidak diberikan untuk tingkat general worker).
c. Rekomendasi.

2. Konsultasi hasil asesmen.

 


DEVELOPING human capital through training & system

Mengembangkan potensi sumberdaya manusia Indonesia secara umum dan talent di organisasi klien adalah merupakan perhatian kami. Dengan pemahaman yang baik akan kebutuhan pengembangan talent, maka program pengembangan dapat dilakukan secara tepat dan efisien melalui beragam cara baik pemberikan pelatihan maupun penetapan sistem-sistem tertentu dalam human capital management. Ada bentuk-bentuk layanan di aspek ini yaitu:


Development center

Merupakan program tindak-lanjut dari kegiatan development assessment. Dengan melakukan identifikasi kebutuhan pengembangan talent melalui metode asesmen center, kelebihan dan kekurangan spesifik seorang karyawan akan dapat ditemukenali secara lebih mendalam. Bentuk jasa layanannya adalah:

  • Menyusun kerangka program pengembangan  talent/development program, rencana pengembangan individu/individual development plan, dll
  • Menyusun, mengembangkan dan memberikan pelatihan yang berbasis perilaku sesuai dengan hasil identifikasi kebutuhan pengembangan karyawan secara spesifik.


Human capital management technical training

Dengan misi memasyarakatkan metode assessment center di Indonesia, maka kami memberikan layanan pelatihan yang terkait dengan teknik dan metode melakukan asesmen, baik secara public training ataupun in-house, seperti:

  • Asesor Training
  • Competency-based assessment training
  • Competency-based interview training
  • Simulation exercise: In-tray, Group, Presentation, Role-play training
  • Competency Modelling/defining training


Human capital management system

Selain itu, juga beberapa pelatihan terkait dengan sistem yang diperlukan dalam human capital management seperti:

  • Defining Competency Model / Competency Dictionary
  • Performance Management System
  • Job Grading / Evaluation
  • Selection Management
  • Human Resources Audit
  • dll.


Outdoor / outbond management training

Layanan ini pada dasarnya merupakan kegiatan tindak lanjut dalam development center, hanya saja dengan setting kegiatan pelatihan di alam bebas. Namun kami juga dapat memberikan layanan pelatihan outdoor ataupun outbond khususnya yang terkait dengan kegiatan pengembangan karyawan. Beberapa produk outdoor training kami yang paling diminati klien adalah:

  • "Personal Change Management" outdoor training.
  • "Role Awareness" outdoor training.

 


MOBILIZING human capital & organization through consultancy

Berawal dari kegiatan melayani klien sebagai tindak-lanjut dari layanan yang telah diberikan, semakin lama kegiatan ini tidak hanya merupakan jasa after sales service saja, tapi merupakan jasa layanan yang menjadi bagian tersendiri yang dikelola secara lebih intensif.

Sebagai strategic partner dari klien, kami memiliki kompetensi untuk menjadi executive coach bagi top management dalam mengimplementasikan hasil kerja yang telah kami berikan kepada klien. Antara lain adalah:

  • Mendampingi Board of Directors dalam mengevaluasi perkembangan talents yang menjadi kandidat untuk posisi General Manager ke atas.
  • Menjadi konselor yang ditunjuk oleh manajemen klien sebagai jembatan antara manajemen dengan talent yang memiliki masalah.
  • dll

 


Assessment Tools

“Ab Consultan” merupakan salah satu dari sedikit konsultan di Indonesia yang berkonsentrasi pada pembuatan alat ukur asesmen khususnya dalam bentuk simulasi. Kami menyusun alat yang customized buat klien maupun sesama konsultan jasa asesmen yang ingin memiliki alat ukur asesmen seperti: in-tray simulation, group exercise, role play simulations, presentation simulations, dan lain-lainnya. Namun demikian kami juga memiliki berbagai alat ukur yang siap pakai, yang dapat dibeli dan digunakan langsung oleh asesor yang memiliki ketrampilan menggunakan metode tersebut. Lihat list of Ab assessment tools.

Untuk klien yang berstatus organisasi, perusahaan atau pun sesama konsultan jasa asesmen, diberikan alternatif penggunaan alat ukur asesmen sebagai berikut:

1. Menyewa assessment tools tanpa assessor

Alternatif ini hanya dapat dilakukan oleh klien yang telah memiliki assessor yang capable menggunakan alat ukur dan sesuai dengan kode etik yang berlaku. Pihak “Ab Consultant” hanya mengirimkan alat ukur beserta dengan staf yang bertugas menjaga alat ukur tsb sepanjang alat ukur digunakan oleh pihak penyewa.

2. Menyewa assessment tools plus assessor

Alternatif ini dapat dilakukan oleh klien yang belum memiliki assessor yang capable menggunakan alat ukur. Pihak “Ab Consultant” mengirimkan alat ukur dan menugaskan assessor/tester yang bertugas memberikan instruksi tes dan sekaligus menjaga alat ukur tsb sepanjang alat ukur digunakan oleh pihak penyewa.

3. Membeli assessment tools

Alternatif ini dapat dipilih oleh organisasi, konsultan maupun assessor di luar “Ab Consultant”, asalkan capable menggunakannya dan tidak melanggar kode etik asesmen yang berlaku.

Jenis-jenis alat ukur asesmen yang dimiliki oleh “Ab Consultant” adalah sebagai berikut:

a. Ability test

Jenis test ini umum dikenal sebagai tes psikologi, yang didefinisikan sebagai suatu cara pengukuran yang sifatnya obyektif terhadap kapasitas individu untuk kemampuan tertentu, di bawah kondisi yang sudah distandarisasikan, di mana tester dapat membuat suatu perbandingan antara individu satu dengan yang lain.
Secara umum disarankan bagi perusahaan untuk memakai tes kemampuan khusus bersama-sama dengan pemakaian alat ukur perilaku lainnya. Dengan hal ini nampaknya akan memberikan hasil asesmen yang lebih komprehensif mengenai kekuatan serta kelemahan yang akan digali dari peserta.

“Ab Consultant” memiliki ability test dengan norma yang kuat khususnya untuk tingkat profesional di posisi managerial dari Director s/d Supervisor. Norma yang digunakan adalah norma Indonesia dengan data hampir 6000 orang sampai dengan tahun 2011.


b. In-tray / in-basket exercise

Adalah suatu bentuk tes situasional yang mensimulasikan aspek-aspek administratif dari sebuah pekerjaan. Metode ini juga dikenal sebagai multiple case study. In-tray simulation biasanya disusun dari berbagai surat, memo, laporan, e-mail, pesan telepon, dll serta latar belakang materi seperti: struktur organisasi, informasi mengenai karyawan dan sejumlah SOP yang dimiliki perusahaan.

Pada tipe simulasi ini, peserta/asese diberikan tugas untuk merespon berbagai masalah yang terkandung pada in-tray simulation atau berkas-berkas pekerjaan seorang executive/manager/supervisor dalam kerangka waktu yang ditentukan (specific length of time). Kompleksitas isi berkas in-tray simulation tersebut tergantung dari target pekerjaan yang akan dinilai, apakah executive, manajer atau supervisor level. Disini perserta akan dinilai dari beberapa ketrampilan manajerial seperti: problem analysis, judgment, decisiveness, planning & organising, forecasting. Metode ini membutuhkan ketrampilan assessor baik dalam memahami isi materi in-tray simulation maupun prosedur penilaiannya.

“Ab Consultant” memiliki simulasi ini untuk berbagai jenis bisnis dan posisi manajerial.

c. Group Exercise

Adalah suatu metode asesmen yang menempatkan peserta ke dalam suatu tugas pemecahan masalah yang diberikan dalam situasi kelompok. Metode asesmen harus terstadardisasi dengan baik, oleh karena itu group exercise harus dipersiapkan dengan baik metodologinya, terstruktur dan memiliki tujuan yang jelas/goal-oriented, sehingga tidak terjadi diskusi yang tidak terarah/“talking shop”, atau bahkan debat kusir.

Desain dari suatu aktivitas kelompok dapat dibuat sedemikian rupa sehingga merupakan kegiatan yang berorientasi pada penyelesaian tugas (work-oriented), baik itu bersifat performance-oriented/banyak membutuhkan aktivitas fisik/ motorik maupun verbal-oriented/banyak melakukan kegiatan percakapan.
Sedangkan format tugas kelompok dapat berbentuk: leaderless group-discussion, asigned-role group discusion, dan competitive atau concesus-oriented situation.
Pada simulasi ini beberapa perilaku yang dapat dievaluasi antara lain: team orientation, interpersonal sensitivity, team-leadership/team-membership, problem analsys, control dan efektivitas mengelola rapat.

“Ab Consultant” memiliki simulasi ini untuk berbagai jenis bisnis dan posisi manajerial.

d. Presentation Simulations

Adalah suatu bentuk tes situasional yang mensimulasikan aspek-aspek komunikasi/presentasi verbal yang dituntut oleh suatu pekerjaan. Disini peserta diminta untuk mempersiapkan sebuah materi presentasi yang berisi tentang suatu hal yang mewakili tugas/pekerjaan tertentu, dan kemudian mempresentasikannya kepada audience sesuai dengan set atau situasi pekerjaan yang disimulasikan, misal: seorang project manager mempresentasikan rencana kerja kepada Board of Director, dll.

Pada simulasi ini beberapa perilaku yang dapat dievaluasi antara lain: persuasive oral communication, listening, interpersonal sensitivity, planning & organising, dan beberapa perilaku tambahan seperti analys, judgement, creativity, dll.
“Ab Consultant” memiliki simulasi ini untuk berbagai jenis bisnis.

e. Role play simulations

Adalah suatu bentuk tes situasional yang mensimulasikan aspek - aspek interpersonal relationship/komunikasi yang dituntut oleh suatu pekerjaan.
Ada beberapa bentuk role play yang biasa didisain untuk mensimulasikan suatu situasi dalam pekerjaan, misalnya: menangani complain dari pelanggan, melakukan coaching atau counselling kepada bawahan, melakukan wawancara, dll. Disini setting pelaksanaan simulasi,materi dan waktu disesuaikan dengan topik yang akan diberikan kepada peserta. Peserta juga diminta untuk mempersiapkan sebuah materi presentasi.

Simulasi ini beberapa perilaku yang dapat dievaluasi antara lain: interpersonal sensitivity, persuasive communication, interpersonal relationship, customer service orientation, leadership, dll.

f. Work Preference Inventory

Adalah suatu bentuk tes tertulis yang mengukur kecenderungan pribadi individu dalam konteks dunia kerja. Dalam proses asesmen selain menggunakan beberapa inventory yang didesain oleh provider lain, Ab Consultant juga menggunakan inventory yang didesain sendiri oleh Ab Consultant antara lain “Ab Work Preference Inventory” yang bertujuan untuk melihat preferensi pribadi individu yang dibagi menjadi 3 preferensi yaitu personal, social dan professional yang kemudian dibagi lagi menjadi 24 preferensi yang lebih detail. Norma yang digunakan adalah norma Indonesia dengan data sekitar 3500 orang sampai dengan tahun 2011.

 


Other Products

a. Competency Model

Kami memiliki Ab - Competency Model yang dapat digunakan sebagai referensi bagi provider asesment ataupun organisasi yang akan menggunakan secara langsung ataupun dengan sedikit penyesuaian/semi-customized.

b. Interview Guide

Selain mendisain interview guidence secara customized, kami memiliki generic interview guidence yang dapat langsung digunakan untuk dengan pertanyaan-pertanyaan utama dan probing question yang lebih mendalam.

c. Books / reference

Beberapa artikel, literatur dan jurnal mengenai asesmen.

d. “Ab Insight Series”

“Ab Consultant” bekerjasama dengan “Ab Publisher” menerbitkan produk-produk yang masih terkait dengan pemberdayaan manusia, antara lain menerbitkan ”Ab Insight Series”. Seri ini berisi beragam produk dengan isi wise words atau motivational words yang dikemas dalam bentuk buku berjudul diberikan “Words of Competencies”, motivational bookmark, motivational calendar, motivational agenda dll.

Tell a friend about this site. | © 2005 - Ab Consultant. | Site developed by identithink